Komunikasi FISIP UNSOED Sukses Gelar Praktikum Teknik Kehumasan

Bila mahasiswa mengerjakan ujian akhir di ruang kelas boleh jadi merupakan sebuah pemandangan yang umum dijumpai, namun bila ujian akhir dalam bentuk penyelenggaraan sebuah event ? Beranjak dari komitmen untuk memastikan lulusannya menjadi sosok yang cerdas dan dapat diandalkan, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED melalui matakuliah Teknik Kehumasan menyelenggarakan  “Pesta Kreasi Anak – Bermain, Belajar, Berbudaya”  sebagai implementasi konten praktikum matakuliah ini.

Menurut dosen pengampu matakuliah, Mite Setiansah, M.Si terungkap, bahwa event adalah salah satu dari materi perkuliahan ini selain, press release, negoisasi, lobby serta sponsorship. “Dalam semiloka kehumasan yang diselenggarakan perhumas beberapa waktu silam, diidentifikasi bahwa freshgraduate kehumasan seringkali masih gagap dalam menyelenggarakan event. Oleh karenanya, kami dari Komunikasi UNSOED berusaha untuk menjawab kritik tersebut dalam bentuk  ujian praktikum penyelenggaraan event sebagai solusinya”, tutur Mite yang juga merupakan ketua jurusan ilmu komunikasi ini. Mite menambahkan, ternyata mahasiswa merasa lebih tertantang dan bersemangat untuk mengeksplorasi ide dan gagasan. Pada dasarnya, seluruh konsep kegiatan, baik tema maupun format acara, mereka sendiri yang merencanakan dan mengorganisasikannya. Dosen hanya berperan sebagai fasilitator dalam memberi gambaran, tips dan konsekuensi dari pilihan tema tersebut.

Dalam ujian akhir yang diikuti oleh mahasiswa pada peminatan kehumasan Angkatan 2009 ini, tema yang dipilih adalah bermain, belajar dan berbudaya. Pilihan tersebut dipilih, karena keprihatian saat melihat realitas bahwa saat ini permainan anak saat ini banyak yang kurang mengolah aspek psikomotorik dan nyaris tercerabut dengan akar budayanya. Acara yang sukses digelar pada Minggu (15/1) kemarin, berlangsung di Gedung Harmoni diikuti oleh para siswa TK dan SD se-Purwokerto & Banyumas. Dalam momen tersebut, anak-anak mengikuti kegiatan lomba mewarnai, mendongeng, peragaan busana serta diisi juga dengan talkshow dari psikolog serta stand alat permainan tradisional.

Proficiat Komunikasi FISIP UNSOED ! Maju Terus Pantang Menyerah! (Wis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *