Tentang Map

Latar Belakang

Perkembangan zaman melahirkan berbagai kenyataan yang harus direspon secara konstruktif oleh Universitas Jenderal Soedirman. Secara internal, Universitas Jenderal Soedirman memiliki semakin banyak Sumberdaya Manusia yang berkualitas secara akademik, yaitu para lulusan pascasarjana, baik dari dalam dan luar negeri. Sedangkan secara eksternal antara lain semakin tingginya permintaan sumberdaya manusia yang berkualifikasi pascasarjana, baik dari kalangan pemerintah maupun di luar pemerintahan. Oleh karena itu, Universitas Jenderal Soedirman dengan penuh tanggungjawab membuka  Program Pascasarjana Ilmu Administrasi dengan konsentrasi pada  Kebijakan dan Manajemen Publik.

 

Visi

“Unggul dalam pengembangan studi kebijakan dan manajemen publik berdasarkan profesionalisme serta peduli pada nilai-nilai moral dan etika”.

 Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana strata dua ilmu administrasi di bidang kebijakan dan manajemen publik dalam suasana akademik yang sehat dan professional untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan, kemandirian, bermoral dan beretika.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan gagasan yang inovatif untuk mengembangkan ilmu administrasi di bidang kebijakan dan manajemen publik, sebagai perwujudan komitmen pada pembangunan bangsa.
  • Menyebarluaskan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah dan kegiatan pengabdian masyarakat  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Konsentrasi Studi

Studi Pascasarjana Ilmu Administrasi Universitas Jenderal Soedirman mengkonsentrasikan kajiannya pada bidang  kebijakan dan manajemen publik. Bidang ini sangat aktual dalam kehidupan sehari–hari baik dari perspektif awam maupun dari perspektif akademisi dan pemerintahan. Pemahaman dan penguasaan tentang kebijakan dan manajemen publik sangat bermanfaat tidak hanya bagi aparat pemerintahan, namun juga bagi dunia usaha dan masyarakat pada umumnya. Aparat pemerintahan berkepentingan dengan bidang ini karena misi kinerjanya, langsung atau tidak, akan bermuara pada terselenggaranya kepentingan publik melalui kebijakan dan manajemen publik. Pemahaman dan penguasaan dunia usaha pada bidang kebijakan dan manajemen publik menjadi investasi yang sangat berharga untuk pengembangan usahanya. Sedangkan bagi masyarakat pada umumnya, pemahaman dan penguasaan kebijakan dan manajemen publik menjadi wacana yang sangat berharga terutama ketika berinteraksi dengan pemerintah dan dunia usaha. Ketika ketiga kelompok tersebut mempunyai pemahaman dan penguasaan yang seimbang dalam bidang kebijakan dan manajemen publik, maka akan terjadi interaksi yang mutualistik dan sinergis.

 

Profil Lulusan

 

  1. Ahli kebijakan publik yang peduli pada nilai-nilai moral dan etika
  2. Ahli manajemen publik yang peduli pada nilai-nilai moral dan etika

   

Kompetensi Lulusan

 

  1. Kompetensi Utama:
  1. Lulusan memiliki kemampuan mendiagnosis isu-isu administrasi dan membuat rekomendasi kebijakan yang peduli pada nilai moral dan etika
  2. Lulusan memiliki kemampuan menerapkan perangkat konseptual, perangkat     analisis dan pendekatan praktis untuk mengelola proses manajemen publik yang peduli pada nilai moral dan etika.
  3. Kompetensi Pendukung
    1.  Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan teknik analisis dan evaluasi kebijakan untuk meningkatkan kinerja organisasi yang inovatif dan strategis
    2. Lulusan mampu menyusun dan melaksanakan kebijakan publik yang peduli pada nilai moral dan etika
    3. Lulusan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja organisasi publik dalam rangka mendukung terwujudnya good governance (MP
    4. Lulusan mampu mendesain organisasi publik yang adaptif dalam merespon       perubahan-perubahan internal dan eksternal organisasi

 

Tujuan

  1. Membekali mahasiswa agar memahami perangkat konseptual, perangkat analisis dan pendekatan praktis dalam mengelola administrasi serta mampu memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kebijakan publik.
  2. Membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan mengenali problematika publik dan mengembangkan teknik manajerial yang diperlukan bagi pengembangan organisasi dan manajemen publik.
  3. Membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk berperan dalam proses manajemen dan kebijakan publik yang bermoral dan beretika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *